Info Palestina

HUT PK SEJAHTERA KE-10

HUT PK SEJAHTERA KE-10
Maaf logonya saya buat sendiri (maaf jika ada perbedaan dari aslinya)... Informasi Jalan Sehat dan pertandingan sepak bola.... lihat ARSIP BLOG bulan April

Rabu, 28 Mei 2008

Sarimuda - Iqbal; MANTAP Lagi Peduli

Ir. Sarimuda MT-Mohd Iqbal Romzi, pasangan nomor urut 2, mengusung visi, "Maju Menata Palembang (MANTAP)". "Kalimat Mantap itu, punya makna tersendiri," kata Sarimuda mengawali paparannya.

M, berarti mandiri dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai daerah otonom. Lalu A, bermakna Aman melalui penciptaan lingkungan yang kondusif bagi masyarakat. N, nyaman yakni menjadikan Palembang sebagai kota yang teduh.

Kemudian, T berarti Tertib, yakni terciptanya masyarakat dan pemerintah yang sadar hukum. A, Agamis yakni perimbangan kesejahteraan dan peningkatan mental spiritual. Terakhir, P berarti profesional yakni terciptanya tata pemerintahan yang andal dan berkualitas.

Bagaimana dengan misi? Pasangan yang diusung PKS, PBR, Partai Patriot Pancasila, dan partai kecil lainnya ini akan meningkatkan kinerja pemerintah kota ke arah pemerintahan yang sehat. Di samping, meningkatkan keswadayaan masyarakat dengan menata ekonomi mikro, menciptakan iklim usaha dan investasi, serta mewujudkan lingkungan yang kondusif.

Selain itu, melakukan pembenahan infrastruktur secara terpadu, menjadikan masyarakat dan pemerintah yang sadar dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Juga meningkatkan kualitas SDM yang berakhlak dan bermoral serta meningkatkan kualitas aparatur yang profesional dalam memberikan pelayanan.

"Ada beberapa strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. Dan, ini berangkat dari permasalahn yang ditemukan," kata Sarimuda.

Permasalahan dimaksud, pertama penanganan/revitalisasi pasar tradisional, peningkatan kesejahteraan PNS, penanganan banjir, parkir, pedagang kaki lima, pelayanan birokrasi, dan penataan kawasan kumuh.

Pasangan ini punya tiga program pembangunan Kota Palembang. Paling prioritas yakni peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, jaminan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan, jaminan kesehatan dan peningkatan mutu kesehatan dan pembangunan infrastruktur untuk mengatasi kemacetan dan banjir.

Kemudian program utama mencakum pengembangan koperasi & UMKM, menata kualitas sistem perdagangan dan jasa, peningkatan kualitas sumberdaya aparatur pemerintah, dan pemberdayaan masyarakat. Kemudian, menata dan revitalisasi pasar tradisional modern, menggali dan mengembangkan potensi pariwisata serta meningkatkan prasarana dasar perkotaan.

Lalu, program penunjang mencakup penataan dan mengelola keuangan secara proporsional, efisien dan efektif. Meningkatkan mutu kehidupan beragama, bidang ketenagakerjaan meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja. Sedangkan bidang keamanan menghidupkan kembali sistem keamanan di lingkungan RT. Terakhir, mengembangkan budaya dan melestarsikan peninggalan sejarah.

Pasangan ini memaparkan visi dan misinya selama 26 menit. Ketika diingatkan oleh moderator bahwa waktu paparan segera berakhir, Iqbal Romzi yang menjadi penutup paparan langsung berkomentar, “Kami biasa tidak melebihi jatah yang kami terima,” tuturnya sembari senyum.

Iqbal juga menyitir hadis Rasul. Intinya agar kota ini sejahtera harus memakai ilmunya ulama, perlunya keadilan pemimpin, amanahnya pelaku bisnis, adanya hamba Allah yang rajin beribadah, adanya pekerja yang disiplin. Di akhir paparan, dia kembali melontarkan pantun. “Gedung DPR Putih dan Bersih, Anggotanya pendukung kami, Cukup sekian paparan Visi dan Misi, Yang isinya MANTAP lagi PEDULI.

Sumber : SUMEKS dan Portal DPW PKS Sumsel